KETUA STAI SULTAN ABDURRAHMAN KEPRI LEPAS 72 MAHASISWA KKN ANGKATAN KE-IV TAHUN AKADEMIK 2015-2016

LIBRARY.STAI-SAR.AC.ID, Bintan—Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAI Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau mengadakan acara pelepasan mahasiswa KKN Angkatan ke-IV Tahun Akademik 2015-2016, Senin (01/06/2016), bertempat di Auditorium STAI Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Lt. 2 Jalan Lintas Barat KM. 19 Toapaya-Bintan.
Acara dihadiri oleh Sekcam Toapaya, Kepala Kemenag Bintan, Kepala Desa, Kepala KUA, Wakil ketua III, Kepala BAAK, Kepala P3M, Ketua Prodi, Dosen, tamu undangan dan peserta KKN.
Pelepasan KKN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun-tahun sebelumnya STAI Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau mengantar langsung ke Kecamatan atau Desa dimana tempat mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan. Pada tahun ini pelepasan dilaksanakan di Kampus dengan mengundang Camat, Kepala Desa, Kepala KUA, Kepala Kemenag yang dimana tempat makasiswa melaksanakan KKN.
Ketua STAI Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Drs. H. Razali, M.Sy dalam sambutannya sekaligus Melepaskan Mahasiswa KKN ke-IV Tahun Akademik 2015-2016 secara Resmi.
Mengatakan  pertemuan ini bisa bersifat kolektif, dengan pertemuan ini terjalin rasa kebersamaan antar mahasiswa dan kepala Daerah/Desa sehingga mahasiswa kenal dengan Camatnya, kenal dengan Kepala Desanya, kenal dengan Kepala KUAnya. Dengan perkenalan itu mempermudahkan mahasiswa dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat nantinya.
Mahasiswa KKN harus kenal kepada tokoh Kepala Desa, tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat karena itu merupakan modal utama untuk sukses melaksanakan KKN tersebut.
Yang dibangun dulu adalah silaturahim, Ketua Kelompok harus mengajak anggota kelompoknya melakukan silaturahim terlebih dahulu sebelum melaksanakan tugas-tugas lainnya. Jagan samapai keberadaan mereka di Desa tersebut tidak saling kenal.
Menurut, Ketua STAI SAR Kepri. Ada 4 (empat) hal yang harus di lakukan oleh mahasiswa KKN :

  1. Bangun silaturahim secara baik
  2. Perkenalkan diri secara baik
  3. Amati
  4. Cermati lingkungan yang ada

Kondisi apa yang ada disitu, baik dari segi fasilitas, sarana, harus mempelajari itu dulu sehiingga menyusun program tidak salah langkah, misalnya banyak ibu-ibu berarti menyusun program yang berkenaan dengan ibu-ibu, tentang majelis taklim, banyak anak-anak berarti program berupa TPQ, bila banyak pemuda jadi bagaimana menyusun program yang berkenaan dengan pemuda. Jadi pelajari betul kondisi yang ada disitu, kata Ketua STAI SAR Kepri
Dengan datangnya Ramadhan tahun ini, diharapkan Mahasiswa KKN bisa memanpaatkan momentum tersebut untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diproleh dikampus dan diterapkan kepada masyarakat, seperti memberi kultum, tadarus, yang berkenaan dengan bidang-bidang keagamaan.
Mahasiswa KKN juga diharapkan bisa berbuat hal-hal yang monumental dengan itu akan menjadi kenangan dimasa-masa akan datang. Jaga kekompakan, jaga citra, tutupnya.

Ka. Kemenag Bintan Drs.H.Erizal.MH dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal :

  1. Diharapkan mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang di dapatkan baik di Perguruan Tinggi maupun ditempat lain kepada masyarakat, menurut para ahli Kampus sesungguhnya itu adalah ada di alam yaitu di tengah-tengah masyarakat, pelaksanaan KKN merupakan perwujidan dari tri darma perguruan tinggi, karena itu jagan sia-siakan kesempatan ini.
  2. Dari segi pergaiulan, karena Bintan ini terkenal dengan  sangat religious tempatnya , apalagi kita adalah Sekolah Agama agar bisa menjaga akhlak dan etika dalam bergaul dilingkungan masing-masing nanti.
  3. Diharapkan mahasiswa KKN bisa berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan baik di adakan oleh kecamatan maupun KUA di Daerah masing-masing, mungkin nanti ada program Safari Ramadhan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan. Diharapkan mahasiswa bisa mengunakan Jaket Almamaternya dan tampil, hingga nanti dapat diperkenalkan kepada peserta safari kalau itu adalah mahasiswa STAI Sultan Abdurrahman Kepri, dengan demikian akan mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Daerah.

Mahasiswa harus bisa memberikan efek positif kepada masyarakat, dan membangun silaturahim positif, contoh : Yang paling tepat dan efektif mengajak orang ke Masjid itu adalah memberi contoh terlebih dahulu oleh yang bersangkutan. Jangan sampai kita ceramah mengajak orang kemasjid sementara kita tak pernah sholat dimasjid, “ Kenapa Nabi Mughammad SWA berhasil Dakwahnya karena Beliau Uswatun Hasanah adalah contah

Sambuatan Camat Toapaya, dalam hal ini diwakili oleh Sekcam, Dalam sambutannya, Sekcam Toapaya berharap kepada mahasiswa KKN :

  1. Agar mahasiswa KKN Bisa memberi manfaat yang besar kepada masyarakat
  2. Diharapkan mahasiswa KKN Kali ini tidak seperti KKN-KKN sebelumnya yang kurang koordinasi, dan komunikasi ke Kecamatan sehingga bila terjadi masalah-masalah dilapangan pihak Kecamatan mengetahuinya.
  3. Diharapkan kehadiran Mahasiswa KKN bisa membantu pihak Kecamatan dalam hal mengisi dan mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan, sungguh disayangkan di Bintan banyak Masjid-Masjid besar namun sepi jemaahnya. Untuk itu pran mahasiswa KKN sangat diperlukan.

Ketua P3M  STAI Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau , Saepudin, M.Ag  dalam laporannya mengatakan Peserta KKN tahun ini sebanyak 72 peserta yang berasal 4 (Prodi), (1) Prodi Ilmu Akhwal Syahsiyyah, (2) Prodi Hukum Ekonomi Syari`ah (3) Prodi Manajemen pendidikan Islam, (4) Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. 72 mahasiswa KKN tersebut dibagi menjadi 6 (enam) kelompok dan ditempatkan di 6 (enam) desa/kelurahan .  1).  Desa Teluk Sasah, Kec. Kuala seri Lobam; 2) Desa Busung Kec. Kuala seri Lobam; 3) Kelurahan Tanjung Uban Timur, Kec. Bintan Utara; 4) Kelrahan Lanjcang Kuning, Kec. Bintan Utara; 5) Desa Toapaya, Kec. Toapaya; 6) Kelurahan Pinang Kencana, Kec. Tanjungpinang Timur.
Mahasiswa KKN setelah acara pelepasan langsung turun ke lapangan dan kembali kekmpus pada tanggal 12 Agustus 2016 mendatang.


Info Kuliah Kerja Nyata

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *