Perpustakaan Wajib Memiliki SDM Pustakawan yang Handal

TANJUNGPINANG — Demi terwujudnya fungsi Perpustakaan sebagai wahana belajar bagi masyarakat, pusat sumber informasi, wahana penelitian, pengembangan kreatifitas, membantu melakukan publikasi karya yang dihasilkan oleh masyarakat.

Pustakawan harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan dapat memberikan kepuasan bagi seluruh pengguna jasa perpustakaan. Seorang pustakawan dituntut memilki SDM yang handal dan profesional memiliki jiwa smart yang siap melaksanakan pelayanan, menyenangkan, menarik, ramah.

Mealui pelatihan BIMTEK Peningkatan Sumber Daya manusia (SDM) Perpustakaan Tahun 2017, yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau selama 3 (tiga) hari tersebut sangat baik, karena narasumbernya di datangkan langsung dari Perpustakaan Nasional RI, yaitu Ibu Triani Rahmawati dan Bapak Supriyanto (Pustakawan Utama). dengan pengalaman beliau lalu ditrasfer ke generasi siap menjadi pustakawan yang profesional.

Adapun materi yang disajikan dalam peningkatan SDM tersebut ; Pengatalogan, Klasifikasi dan Tajuk Subjek, Pengembangan dan Pembinaan Koleksi Bahan Perpustakaan, Layanan Perpustakaan dan Pengantar Pelestarian Bahan Perpustakaan. dan yang terpenting lagi motivasi dan strategi menjadi pustakawan yang handal yang bekerja dengan penuh rasa tanggungjawab dan dengan hati.

Semoga dengan mengikuti berbagai BIMTEK, DIKLAT dan lainnya akan lahir pustakawan yang handal, yang bisa mengembangkan perpustakaan yang di kelola.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *